Dynamic Glitter Text Generator at TextSpace.net

Laman

Sabtu, 29 September 2012

Mau Kolesterol Turun? Ini Nih 5 Tipsnya

freeland news-



Kolesterol adalah metabolit atau hasil metabolisme yang mengandung lemak kolesterol. Kolesterol sendiri memiliki dua jenis, yaitu kolesterol jahat dan baik. Kolesterol jahat ini yang biasanya membuat orang menderita gangguan kesehatan. Seseorang akan mengalami gangguan kesehatan bila kadar kolesterolnya meningkat. Meningkatnya kadar kolesterol bisa menyebabkan penderitanya mengalami beberapa keluhan, seperti sakit kepala, pusing, dan badan terasa pegal-pegal. Parahnya lagi, kolesterol bisa memicu penyakit jantung dan stroke. Hal tersebut terjadi karenanya tersumbatnya pembuluh arteri oleh kolesterol itu sendiri. Nah, untuk menurunkan kolesterol, banyak tipsnya nih. Diantaranya adalah seperti berikut ini.

Berikut beberpa cara menurunkan kadar kolesterol, seperti dilansir dari Health Me up:

1. Berhenti merokok
Kandungan yang ada pada rokok dapat mengakibatkan lapisan dalam arteri atau endothelium semakin rusak. Karsinogen dan karbon mono-oksida yang terdapat dalam asap rokok, dalam arteri menjadi lebih rentan terhadap kejang sehingga menyebabkan tingginya kadar koleterol dalam darah. Untuk itu, berhenti merokok sekarang juga.

2. Hindari minuman beralkohol
Mengonsumsi minuman beralkohol secara berlebihan akan mengakibatkan ukuran pinggang melebar sehingga dapat meningkatkan kadar kolesterol. Untuk pria hanya boleh meminumnya 1-2 gelas perhari, sedangkan wanita hanya satu gelas perhari. Namun, ada baiknya tetap menghindari minuman beralkohol ini demi kesehatan tubuh Anda.

3. Banyak berolahraga
Olahraga merupakan pengobatan terbaik bagi Anda yang memiliki kiadar kolesterol tinggi. Dengan berolahraga selama 40-60 menit secara rutin, akan membantu mengurangi kolesterol jahat sekitar 5-10 persen dan dapat meningkatkan kadar kolesterol baik hingga 3-6 persen.

4. Turunkan berat badan
Jika Anda obesitas atau kelebihan berat badan, maka mulailah latihan setiap hari dengan melakukan kegiatan ringan, seperti berjalan, latihan beban, bersepeda, aerobik, berenang, dan olahraga lainnya. Melakukan hal tersebut akan meningkatkan kolesterol baik sekaligus menurunkan kadar kolesterol jahat.

5. Mengonsumsi ikan
Ikan sangat banyak manfaatnya untuk tubuh, selain untuk mencerdaskan otak ternyata bisa membantu meningkatkan kolesterol baik. Kandungan asam lemak omega-3 yang ada pada ikan bisa menghindari Anda dari penyakit jantung dan stroke. 6. Mengonsumsi bayam Bayam mengandung sekitar 13 senyawa flavonoid yang menjauhkan Anda dari kanker, penyakit jantung, dan osteoporosis. Bila Anda mengonsumsi bayam secara rutin, maka bisa mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh.

Memiliki kolesterol tinggi akan sangat membahayakan bagi tubuh bila tidak segera diturunkan. Selain 6 cara di atas, pastikan Anda tidak berlebihan mengonsumsi daging berlemak, kuning telur, gorengan, seluruh produk susu, dan makanan yang digoreng lainnya. Dengan begitu kolesterol yang tinggi akan menjadi turun dan Anda pun akan hidup sehat.
sumber

Tidak ada komentar: